Senin, 15 September 2008

GLOBAL WARMING

Pemanasan Global (Global Warming) dan Krisis Iklim (Climate Crisis) adalah dua isu global yang semakin sering didengungkan oleh berbagai pihak belakangan ini. Tetapi sayangnya porsi pemberitaan kedua topik yang sangat mendesak ini di media massa masih sangat minim. Untuk itulah buku kecil ini dibuat: untuk memberikan pengetahuan kepada pembacanya mengenai pemanasan global, bahayanya, serta solusi untuk mengeremnya. Mengeremnya? Ya, mengerem pemanasan global tidaklah mustahil apabila masing-masing dari kita mau berubah. Perubahan pola pikir dan pola hidup dapat mengerem pemanasan global hingga titik terendah yang bahkan mungkin Anda pikir mustahil untuk dilakukan.

Pernyataan di bawah berikut ini mungkin akan membuat kita tersentak sekaligus terbelalak. Ia berbunyi: “Pernyataan pemanasan global itu sungguh nyata cuma omong kosong. Pernyataan itu diulang-ulang oleh para aktivis guna meyakinkan sekaligus menakut-nakuti publik bahwa iklim akan berubah menjadi malapetaka, dan aktivitas manusialah penyebab utamanya.” Kalimat itu diucapkan senator AS dari Partai Republik, James Inhofe, yang juga merupakan Ketua Environment and Public Works Committee Senat AS, setahun lalu.

Pernyataan itu diperkuat lagi dengan pernyataan Direktur NASA Michael Griffin dalam wawancara dengan sebuah radio lokal di AS belum lama ini, yang menunjukkan keraguan sang direktur bahwa pemanasan global adalah tantangan terbesar yang harus diatasi manusia. Dalam wawancara tersebut, salah satu petikan pernyataan Griffin yang kemudian banyak dikutip adalah, “Iklim bumi saat ini adalah iklim yang terbaik yang pernah kita punyai.”

Benarkah pemanasan global sungguh-sungguh merupakan akibat dari ulah manusia yang terlalu rakus mengeksploitasi bumi dan ceroboh menjaga keseimbangan alam? Apakah pemanasan global dan perubahan iklim adalah hal terpenting yang harus diatasi manusia?

Inhofe memaparkan beragam fakta dan kutipan yang mendukung argumennya. Menurutnya, media memainkan peranan penting dalam menggelorakan isu yang tidak benar ini. Ia pun mengungkapkan penelusurannya terhadap laporan beberapa media terkemuka seperti Newsweek, Majalah Time, Harian New York Times, Chicago Tribune, dan juga Jurnal Science News. Didapatinya, media-media tersebut pada era tahun 1900-an justru melaporkan kekhawatiran akan datangnya abad es, bukan pemanasan atau melelehnya es. Hingga periode 1920-1930-an sampai menjelang akhir tahun 1970-an, media-media terkemuka di AS itu masih sangat gencar memberitakan dan melaporkan bahaya perubahan bumi menjadi bola es.

Ia pun melecehkan Protokol Kyoto, sebuah protokol yang ditandatangani oleh sebagian besar negara di kolong bumi ini guna mengurangi emisi gas-gas pembentuk rumah kaca di mana AS menolak menandatanganinya, sebagai kesepakatan dan solusi yang tidak ada artinya dalam rangka mengurangi emisi gas-gas berbahaya ke atmosfir bumi. Menurutnya, cara paling efektif untuk mengurangi gas-gas tersebut adalah penggunaan alat pembersih gas dan teknologi yang lebih efisien untuk menekan gas tersebut bertebaran ke angkasa.

Namun pernyataan Inhofe berbau politis itu tak menyurutkan gerakan global di seluruh dunia bahwa ancaman pemanasan bumi sungguh-sungguh nyata dan harus diperangi dari sekarang oleh semua pihak. Inhofe, politisi dari Partai Republik, sebagaimana halnya Presiden AS George W. Bush yang juga dari Partai Republik, jelas tidak mau kepentingan mereka terusik terusik gara-gara harus menekan emisi gas rumah kaca yang di AS sebagian besar dihasilkan dari pembangkit listrik berenergi fosil (BBM, batubara).

Tak hanya Inhofe dan Bush yang bersikap “bebal” terhadap perubahan iklim. Lebih dari 17 ribu ilmuwan -- dua ribu lebih di antaranya adalah fisikawan, geofisikawan, ahli iklim, ahli meteorologi, dan pakar lingkungan- menandatangani petisi yang diedarkan oleh Oregon Institut of Science and Medicine di AS. Salah satu kalimat dalam petisi itu menyatakan, “Tidak ada bukti-bukti ilmiah bahwa pelepasan gas karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan gas-gas rumah kaca lainnya yang mengakibatkan pemanasan akut terhadap temperatur bumi dan kerusakan pada iklim bumi.”

Terlepas dari kenyataan dan pernyataan politik yang diungkapkan di atas, fakta-fakta berikut ini berbicara jauh lebih kuat dan nyata, memperlihatkan ke mana arah perubahan iklim di bumi ini akan menuju dan bermuara.

Fakta-fakta

Kita mulai dari yang jauh dengan kita, Laut Arktik. Lautan ini sebagian besar dikenali sebagai samudera es. Ilmuwan yang mengamati perubahan pada lautan es ini mencatat terjadinya peningkatan panas dua kali lebih cepat dibandingkan pemanasan di tingkat global. Sejak tahun 1980, samudera es yang terletak Arktik yang berada di wilayah Eropa telah mencair antara 20-30 persen.

Masih di Eropa, pegunungan Alpens yang tadinya sebagian besar diselubungi salju mengalami kemerosotan deposit salju yang parah. Delapan dari sembilan area gletser/glacier menunjukkan derajat kerusakan yang signifikan dan dalam kurun waktu satu abad sudah kehilangan sepertiga dari wilayah es.

Tidak hanya di Eropa, seluruh dataran tinggi di dunia yang selama ini dikenal memiliki puncak gunung es juga lumer. Salju di puncak gunung tertinggi di Afrika, Kilimanjaro, setiap bulannya meleleh tak kurang dari 300 meter kubik. Gunung yang terletak di Tanzania ini menderita kebotakan salju parah bilamana membandingkan foto udara yang diambil pada tahun 1974, 1990, dan 2001. Dalam periode satu abad pengamatan, salju di puncak gunung itu meleleh hingga mencapai 82%. Bila salju tak lagi betah hinggap di puncak gunung itu, nama gunung itu boleh jadi harus diubah, karena Kilimanjaro dalam bahasa setempat berarti gunung yang putih atau gunung yang bercahaya.

Mari beralih ke kawasan yang melahirkan banyak seniman bola, Amerika Selatan. Salju di negeri-negeri seperti berdataran tinggi seperti Argentina, Peru, Chili juga menurun drastis. Pegunungan Andes, salah satu surga salju di dunia, mengalami pelelehan salju ke arah puncak gunung yang sangat signifikan. Antara tahun 1963 hingga 1978, salju mencair rata-rata 4 meter per tahun, dan sejak tahun 1995 hingga sekarang, pelelehan salju mencapai kecepatan 30,1 meter per tahun di seluruh kawasan yang mengandung glacier. Sementara di Venezuela, negeri penghasil Miss World terbanyak, dari 6 glacier yang dimiliki negeri tersebut pada tahun 1972, kini hanya tersisa dua lagi, dan akan hilang paling lambat 10 tahun sejak sekarang.

Konsekuensi dari melelehnya salju adalah meningkatnya permukaan air laut, pertama-tama di kawasan tersebut. Di negeri bola Brasil, garis pantai yang hilang menjadi lautan rata-rata berkisar 1,8 meter per tahun pada kurun waktu antara 1915 hingga 1950 dan meningkat menjadi 2,4 meter per tahun pada kurun waktu sepuluh tahun antara 1985-1995.

Apa yang terjadi di Asia, juga di Indonesia, akibat pemanasan global? Sama dengan yang terjadi di benua lain, salju-salju di dataran tinggi Asia mengalami pelelehan yang drastis sekaligus dramatis. Himalaya, gunung tertinggi di dunia yang menjadi kantong air beku di “atap langit” terus kehilangan saljunya secara konsisten. Glacier-glacier di Pegunungan Himalaya yang tersebar di negara-negara seperti India, Tibet, Bhutan, China, terdegradasi dengan amat cepat. Tujuh sungai besar di Asia yang bermata air dari Himalaya yakni Gangga, Indus, Brahmaputra, Mekong, Thanlwin, Yangtze, dan Sungai Kuning terancam eksistensinya yang berakibat pada ratusan juta umat manusia di kawasan sepanjang aliran sungai-sungai itu.

Tak hanya di kawasan Asia Selatan, salju di Asia Tengah yang juga terus lenyap satu per satu. Itu terjadi pula di Puncak Jaya, Papua, satu-satunya daerah pegunungan tinggi di Indonesia yang memiliki salju. Bila foto udara pada tahun 1972 memperlihatkan puncak gunung yang hampir seluruhnya diselimuti salju, sekarang puncak gunung itu hanyalah berisi bebatuan dan pepohonan belaka. Artinya, tidak ada lagi salju di sana.

Pelelehan es yang diungkap di atas baru merupakan sebagian dari yang sebenarnya terjadi. Berdasarkan laporan terakhir Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) terakhir yang dirilis tahun 2007 ini, 30 salju di pegunungan di seluruh dunia kehilangan ketebalan hingga lebih dari setengah meter hingga tahun 2005 saja. Dua tahun yang terakhir belum masuk dalam laporan tersebut.

Konsekuensi dan Risiko

Karena energi bersifat kekal, salju-salju tadi dengan sendirinya tidak hilang dan hanya berubah bentuk. Ibarat es yang ada dalam sebuah gelas, ketika ia terkena panas dan mencair, volume air itu tidak berkurang atau bertambah, melainkan hanya berubah. Maka, konsekuensi pertama dari meningkatnya suhu bumi yang melelehkan salju dan deposit-deposit air tadi adalah kian bertambahnya air di permukaan bumi. Peningkatan tersebut dapat dideteksi di seluruh penjuru bumi dan dibuktikan melalui sejumlah foto udara yang membandingkan suatu kawasan pada puluhan tahun silam dengan kondisi kontemporer.

Namun, konsekuensi meningkatnya suhu bumi tidaklah sesederhana itu. Perubahan-perubahan ekologis yang terjadi pada lingkungan di mana manusia dan makhluk hidup lainnya hidup membawa dampak yang mengerikan bagi umat manusia. Hukum fisika menyatakan, angin bergerak dari tempat yang dingin ke tempat yang lebih panas. Nah, perbedaan temperatur suatu kawasan dengan kawasan lain yang sangat ekstrem pada waktu bersamaan telah memicu munculnya angin topan, badai, dan tornado menjadi lebih sering dibandingkan beberapa tahun silam. Negara-negara di kawasan Amerika Utara, Tengah, Selatan dan Karibia, Eropa, juga Asia Selatan dan Timur sudah merasakan dampak yang ditimbulkan dari topan badai ini. Topan yang memiliki nama-nama nan indah menerpa warga di seluruh bumi secara memilukan dan sekaligus mematikan.

Arus pergerakan air tidak hanya membawa musibah banjir bandang, tetapi juga disertai tanah longsor akibat penggundulan hutan yang berlangsung setiap menit. Dalam waktu bersamaan, belahan dunia yang satu terancam kekeringan dan kebakaran, tempat lainnya dilanda topan badai, banjir dan tanah longsor yang menyengsarakan ratusan juta umat manusia.

Konsekuensi di Tingkat Lokal


Kekeringan di daerah Gunung Kidul misalnya, mungkin saja sudah menjadi fakta jamak yang berlangsung setiap tahun dan sudah sejak puluhan tahun hal itu terjadi. Akan tetapi, kesulitan air yang dialami oleh warga di lereng Gunung Merapi lima tahun terakhir ini misalnya, tentu sebuah fakta baru yang menunjukkan betapa air makin sulit didapat.

Kesulitan para petani sayuran di lereng Gunung Merbabu misalnya, juga sesuatu yang masih terdengar asing. Grojogan Sewu memang masih menumpahkan airnya. Tetapi dibandingkan lima belas tahun silam misalnya, grojogan itu sekarang telah berubah menjadi tak lebih dari pancuran. Beberapa puluh tahun yang akan datang, boleh jadi ia tinggal menjadi tetesan saja.

Itu baru dari sisi kelangkaan air. Dari sisi perubahan iklim, semua kota dan wilayah di Indonesia menjadi korbannya. Di Jawa bagian tengah misalnya, Kaliurang di Jogjakarta, Tawangmangu di Karanganyar, atau Bandungan di Semarang, sekarang bukan lagi didatangi wisatawan karena udaranya yang sejuk dan dingin, tetapi karena kelatahan dan cap yang terlanjut melekat sebagai daerah wisata. Itu saja. Dahulu, di daerah-daerah tersebut kabut dingin senantiasa turun setiap pagi sepanjang tahun. Sekarang, ia hanya bisa dijumpai beberapa kali sepanjang tahun, itupun sangat tergantung dari musim.

Di Puncak Jaya, Papua, salju tidak lagi hinggap di puncaknya sejak beberapa tahun silam. Ini menandai era berakhirnya eksistensi satu-satunya kawasan bersalju di Indonesia. Dan ini sekaligus membuktikan, bahwa bumi yang makin panas bukanlah fakta gombal melainkan kenyataan aktual.

Ironisnya, dalam situasi udara yang makin panas, orang lalu mencari cara untuk mendinginkannya, tetapi hanya untuk diri mereka sendiri. Pendingin udara adalah pilihan pragmatis untuk ini, tetapi alat inipun hanya bisa dijangkau oleh lapisan masyarakat golongan menengah ke atas. Masyarakat miskin jelas tak bisa mengelak dari kegerahan.

Ironisnya, penggunaan pendingin udara yang makin masif dan intensif pada sebagian besar rumah tangga di perkotaan secara akumulatif justru mendorong terciptanya bumi yang makin panas akibat gas-gas yang dihasilkan oleh pendingin udara tersebut tidak ramah lingkungan. Sudah begitu, penggunaan pendingin udara yang intensif itu juga memicu meningkatnya kebutuhan listrik yang terus membesar –yang lagi-lagi ironisnya— sementara listrik tersebut diproduksi dengan menggunakan bahan bakar fosil yang tak ramah terhadap lingkungan dan memberi kontribusi terbesar pada pemanasan secara global.

Lingkaran setan ini jelas menggiring masyarakat yang paling miskin dan tak memiliki akses terhadap sumber daya ekonomi yang memadai menjadi korban. Jumlah masyarakat yang kian tersisih dari lingkaran ini niscaya akan terus membesar karena perseteruan dan kata sepakat tentang upaya kongkret memerangi perubahan iklim ini mengalami kebuntuan yang akut.


Untuk siswa SMAN 1 Sukaraja Silahkan anda berpendapat. Jika mempunyai argumen yang berasal dari suatu sumber, hendaknya cantumkan juga sumber tersebut.
Klik pada kata Komentar di bawah ini !!, atau jika tidak berhasil maka berikan komentar anda di sebelah kiri tulisan ini pada Komentar GLOBAL WARNING.

90 komentar:

Agnes Shintya R mengatakan...

Global warming adalah proses meningkatnya suhu di bumi.global warming ini disebabkan karena ulah manusia yang seiring dengan kemajuan teknologi.Pada dasarnya pemanasan global ini karena tumbuhan hijau di bumi mulai menurun,sehingga suhu di bumi menjadi panas.bertambahnya kendaraan bermotor dapat menyebabkan polusi udara yang diakibatkan oleh gas CO dan Co2.dari sinilah suhu menjadi naik.
Jadi menurut saya, global warming ini disebabkan oleh manusia karena seiring dengan kemajuan teknologi suhu menjadi meningkat.


Nama : "Agnes Shintya R"
Kelas :XI IA 2z

Agnes Shintya R mengatakan...

Global warming adalah meningkatnya temperatur bumi.Oleh karena itu udara di bumi jadi semakin panas karena disebabkan oleh campur tangan manusia.
Sehingga terjadilah banyak pencemaran udara yang mengakibatkan polusi-polusi,dan adanya global warming menyebabkan udara di bumi menjadi tidak segar dan tidak sejuk.
jadi menurut saya,global warming ini disebabkan oleh manusia bersamaan dengan kemajuan tekhnologi, dan kehendak Allah SWT.



Nama :"Arvi Fargisna"
Kelas: XI IA 1

Ade Rusliana On Line mengatakan...

Begitu ya nesss...., ok juga tuh. coba adakah yang dapat menghubungkan dengan efek rumah kaca? tolong yang lainnya pada kemana? gal mampu memberikan komentar?! Jika kesulitan dalam membuat komentar karena harus membuat gmail, maka boleh langsung saja ke komentar di sebelah kiri.

Unknown mengatakan...

Saya suka dengan bahasan ini, sebab hal ini penting bagi anak cucu nanti. weh anak cucu......
mba agnes ko ilmiah banget, nyantai aja yang penting konsepnya kita ikut bantu dengan cara yang bisa kita lakukan. misal penggunaan spray tidak lagi, dan lain lain.

Restu Putri P mengatakan...

Global warming adalah meningkatnya temperatur di bumi.Adanya kerusakan lapisan ozon,dan terjadinya proses kerusakan atmosfer pada kutub utara dan kutub selatan yang menimbulkan lubang-lubang pada atmosfer, sehingga panas bumi tidak teratur. Proses terjadinya karna banyaknya rumah kaca, sehingga menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Nama : "Restu Putri P"
Kelas : XI IA 2

Nurah Nurul Hasna mengatakan...

Global warming adalah banyaknya gas - gas yang menyebabkan polusi di udara, sehingga lapisan ozon semakin tipis,sehingga menyebabkan panas matahari yang sampai kepermukaan bumi tidak tertahan lagi oleh lapisan ozon karena lapisan tersebut sudah semakin tipis maka terjadilah pemanasan global.Kemungkinan besar pemanasan global ini akan menyebabkan terjadinya efek rumah kaca,seperti mencairnya es di kutub utara dan selatan.Itu juga kalau pemanasan global terus - menerus.maka dari itu Saya menyarankan bagi manusia di bumi ini untuk menghemat energi seperti mengurangi untuk memakai kendaraan itu jangan sendiri - sendiri sebab itu merupakan pemborosan dan terlalu banyak mengeluarka gas yang bisa mempengaruhi lapisan ozon di muka bumi.Kalau misalkan hal tersebut masi terus di lakukan kemungkinan besar bumi akan meledak seperti terjadinya bencana - bencana.Kalau kita dikaitkan sama ayat Al-Quran didalamnya memberikan penjelasa yaitu bahwa kita selaku umat manusia janganlah merusak bumi dengan tangannya sendiri.Nah, maka dari itu kita sadar bahwa semua yang ada di alam ini pasti akan musnah.Dan yang memusnahkannya itu Allah SWT.Maka dari itu marilah kita menjaga bumi ini dengan baik sehingga tidak akan menimbulkan bencana seperti global warming,efek rumah kaca dan lain - lain.mungkin hanya itu komentar dari saya.Terima kasih



Nama :"Nurah Nurul Hasna
Kelas: XI IA 2

Arvi Fargisna mengatakan...

GLOBAL WARMING adalah terjadinya pencemaran oleh ulah manusia.Yang mengakibatkan cuaca mnjadi panas. Sebagian besar terjadi oleh gas-gas pembentuk rumah kaca dan harus mengurangi emosi gas-gas berbahaya tersebut.Rumah kaca ini disebabkan karena SDA.Pada intinya pemanasan global ini dapat mempngaruhi kehidupan manusia,karena cuaca semakin panas dapat melelehkan es-es yang ada di bumi.Bumi yang makin panas inibukanlah fakta global melainkan kenyatan aktual setelah situasi udara makin panas.Orang lalu mencari cara untuk mendinginkannya. Maka dari itu dengan cara menjadikan kembali bumi menjadi sejuk.Cara supaya bumi menjadi segar lagi yaitu dengan mengurangi pembangunan dan menanam kembali tumbuhan hijau (reboisasi).
jadi menurut saya,global warming ini adalah mengakibatkan bumi kita menjadi semakin panas.


Nama : "Arvi Fargisna"
Kelas : XI IA 1

nita rahayu mengatakan...

Banyaknya gas-gas yang menyebabkan polusi di udara, sehingga lapisan ozon semkin tipis. Karena lapisan tersebut semakin tipis maka terjadilah pemanasan global. Proses terjadinya karena banyaknya rumah kaca. Akibat pemanasan global yaitu mencairnya es di kutub utara dan selatan. Dan juga banyaknya kendaraan bermotor bisa menipiskan lapisan ozon.

nama : Nita
kelas : XI IA 1

nita rahayu mengatakan...

Global warming terjadi karena faktor banyaknya kendaraan bermotor dan rumah kaca.sehingga lapisan ozon menipis sehingga banyak terjadi bencana alam seperti mencairnya es di kutub utara dan selatan.


nama:monicha
kelas:XI IA 1

Van mengatakan...

Saya sangat setuju dengan diadakannya buku ini, karena dapat membantu lebih banyak masyarakat agar mengetahui penyebab dan sebab global warming itu sendiri.
Namun sayang,,semua terjadi karena ulah manusia, manusia tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan tidak semua benar dan baik untuk lingkungan. Banyak ulah manusia yang malah membuat dampak yang kurang baik bagi lingkungan. Mereka hanya memikirkan apa yang mereka ingin dan apa yang mereka pikirkan tanpa memikirkan akibatnya.
Dan sebenarnya semua ini hanyalah sebuah proses yang akan menjadi suatu bencana ataupun anugrah, tergantung kita melakukan apa yang masih bisa kita lakukan.
Untuk menambah sumber yang mungkin bisa membantu, saya cantumkan beberapa sumber yang kiranya bermanfaat bagi semuanya.
1. http://ernin.wordpress.com/2007/11/26/pencegahan-global-warming/
2. http://www.andriewongso.com/awartikel-648-AW_Corner-Kotoran_Manusia_Cegah_Global_Warming
3. http://www.unisosdem.org/kliping_detail.php?aid=8805&coid=1&caid=56

Van mengatakan...

Saya sangat setuju dengan diadakannya buku ini, karena dapat membantu lebih banyak masyarakat agar mengetahui penyebab dan sebab global warming itu sendiri.
Namun sayang,,semua terjadi karena ulah manusia, manusia tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan tidak semua benar dan baik untuk lingkungan. Banyak ulah manusia yang malah membuat dampak yang kurang baik bagi lingkungan. Mereka hanya memikirkan apa yang mereka ingin dan apa yang mereka pikirkan tanpa memikirkan akibatnya.
Dan sebenarnya semua ini hanyalah sebuah proses yang akan menjadi suatu bencana ataupun anugrah, tergantung kita melakukan apa yang masih bisa kita lakukan.
Untuk menambah sumber yang mungkin bisa membantu, saya cantumkan beberapa sumber yang kiranya bermanfaat bagi semuanya.
1. http://ernin.wordpress.com/2007/11/26/pencegahan-global-warming/
2. http://www.andriewongso.com/awartikel-648-AW_Corner-Kotoran_Manusia_Cegah_Global_Warming
3. http://www.unisosdem.org/kliping_detail.php?aid=8805&coid=1&caid=56


Nama : Taufan Sena
Kelas : XI - IA - 2

Guh mengatakan...

menurut saya buku ini sangat membantu dalam pebelajaran karena dapat mengetahui terjadinya global warming dan penyebabnya, tetapi tidak semua orang dapat membaca.
tapi global warming itu juga terjadi karena ulah manusia yang bekerja untuk mencapai tujuanya tidak memikirkan bahwa danpaknya sangat merugika semua manusia dan likungan.
dan semua ini tergantung manusia itu sendiri apakah global warming itu terus berlangsung atau di cegah.
untuk lebih jelas saya mencantumkan beberapa sumber:
1.www.unilever.co.id/id/ourcompany/.../2008/GreenFestivalAksikuuntukBumiKampanyePe... - 17k - Tembolok - Halaman sejenis
2.http://duniaanda.com/global-warming-bikin-bumi-semakin-panas.htm

Nama : Teguh M.Y
Kelas : XI-IA'2

MONICHA mengatakan...

Global warming bukanlah suatu lelucon atau issue belaka.Tetapi hal ini memang benar adanya dan bisa mengancam kehidupan kita semua.Faktor yang dapat menyebabkan global warming terjadi adalah Efek rumah kaca,ulah manusia,yang mengeksploitasi SUMBER DAYA ALAM di bumi kita ini. Juga semakin banyaknya orang menggunakan kendaraan,sehingga asap yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon.Bukan tidak mungkin kalau kutub utara dan selatan mencair.


Nama :Monicha Mulya Rosadi
Kelas:XI IA 1

Raj mengatakan...

menurut saya global warming itu dampak dari ulah manusia sendiri,sehingga mengakibat kan suhu di bumi naik dan ketidakterturannya iklim.selain di sebabkan oleh polusi juga di sebabkan banyaknya pabrik dan limbah-limbah.


nama: israj alwan haliri

kelas:XI IA 2

Sai mengatakan...

menurut saya ada dampak positif nya juga kaarena banyak perusahaan besar yang mulai berpikir tentang bangai mana produk mereka dapat ramah dilingkungan.akan tetapi ada dmpk negatif nya krna dapat mning kan suhu di bumi


NAMA ; abdusai
kelas ; xi-IA-2

Unknown mengatakan...

global warming adalah pemanasan globol yang merusak lingkungan sehingga merusak lingkungan di bumi ini oleh karena itu kita harus mencegah adanya global warming.dengan cara:pemakaiaan kendaraan bermotor dapat menyebabkan polusi udara yang diakibatkan oleh CO2

Nama :Rita juwita hariesman
Kelas :XI-ipa 1

Unknown mengatakan...

Global warming (pemanasan global) terjadi akibat ulah manusia. Hal ini diakibatkan karena banyaknya polusi atau pencemaran udara yang dilakukan oleh manusia seperti: efek rumah kaca, dan gas yang dihasilkan dari kendaraan bermotor,mobil dll. kita harus mencegah terjadinya global warming yaitu dengan cara mengurangi pemakaian kendaraan yang menghasilkan polusi udara, dan kita juga harus banyak menanam pepohonan karena itu dapat mengurangi efek global warming.

Nama : Desvia rifriani yusuf
Kelas : XI-IA-2

Unknown mengatakan...

menurut pendapat saya tentang Global Warming yaitu pemanasan bumi yang terjadi karena gas co dan co2 akibat dari polusi yang berlebihan di muka bumi contohnya limbah indusrti yang mencemari lingkungan disekitar tempat pabrik itu berada,asap-asap dari kendaraan bermotor,dan Ac di setip rumah dan kantor-kator.


Nama : Rati Rahmi
Kelas : XI.IA.1

Unknown mengatakan...

Saya berfikir,kenapa manusia tidak menyadari bahwa mereka melakukan kesalahan.Dari awal, kejadian Global warming sudah diketahui, tapi kenapa tidak ada usaha yang optimal dalam mengatasinya?Padahal banyak hal yang bisa dilakukan agara global warmina dapat dikurangi efeknya,contoh yang paling sederhana saja,menanam tanaman di sekitar rumah,sampai dilakukan penanaman seribu pohon di sekitar lingkunga,mengurangi pembelian bahan elektronik yang dapat menghasilkan gas CFC.Nah, mulai saat ini coba niat dalam apa yang bisa kita lakukan agar bisa mengurangi GLOBAL WARMING..?

Nama:Rani
Kelas:x1-ia2

Unknown mengatakan...

Global warming...kata-kata itu sudah tidak asing lagi di telinga kita.Arti dari kata itu pun sudah kita ketahui,sebab terjadinya juga tidak lain karena manusia,,jadi sekarang kita hanya perlu memikirkan bagaimana cara mengurangi efeknya saja.
Global warming sebenarnya dapat kita hentikan dengan cara mengurangi penebangan pohon secara liar tanpa melakukan reboisasi ulang,atau mengurangi pemakaian alat-alat elektronik karena alat tersebut mengandung CFC yang merupakan salahsatu penyebab terjadinya Global warming tersebut.

Nama:Adelya Purnama
Kelas:XI-IA-2

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Global warming yaitu meningkatnya suhu udara di bumi dimana terjadnya pencairan es di dua kutub yatu kutub utara dan kutub selatan.Hal ini telah kita rasakan sendiri dengan bertambahnya volume air laut,dan terjadi musim kemarau yang panjang yang berasal dari kekurangan tanaman hijau sehingga bumi menjadi kering dan gersang.
Untuk menjadikan bumi kita ini menjadi hijau kembali,bisa dilakukan dengan cara meminimalkan mengeksploitasi bumi seperti pengurangan energi bahan bakar meliputi polusi udara ya ng terjadi akibat kendaraan,dan alat rumah tangga seperti kompor gas,kulkas dan hairdrayer.
Maka dari itu marilah kita mengembalikan bumi kita menjadi hijau kembali.

Nama :Tina Kamelang
Kelas :XI IA 2

Unknown mengatakan...

Global warming, global warming, global warming. sebuah kalimat yang hampir kita bicarakan setiap hari, banyak slogan STOP GLOBAL WARMING dimana-mana. orang-orang banyak melihat akibat Global warming seperti gejala-gejala alam yang tak pernah diduga sebelumnya. tapi sayangnya masih banyak sebagian orang yang tidak tahu apa dan bagaimana global warming tiu. padahal seharusnya kita betul-betul mengetahui hal ini, agar bisa sedikit mencegahnya, mengingat telah banyak sekali masalah-masalah yang timbul dan sangat-sangat merugikan kehidupan manusia saat ini, dan di masa depan. dan yang lebih disayangkan lagi, orang-orang tidak memiliki keinginan yang besar untuk mengetahui. mungkin memang kita hanya bisa melihat dan diam, sampai bumi kita benar-benar HANCUR!!!....

NAMA : Leyda Nur Saputri
Kelas : XI IA 2

Unknown mengatakan...

Global warming yang sekarang tengah terjadi dibumi kita ini sungguh sangat merugikan sekali.pemanasan global ini terjadi akibat banyaknya polusi udara dari kendaraan bermotor ditambah karena manusia terlalu berlebihan mengeksploitasi bumi.Ini menyebabkan iklim dibumi kita menjadi tak menentu,dan dapat mengakibatkan kemarau yang berkepanjangan karena suhu udara meningkat.Selain itu,air laut menjadi bertambah karena kutub utara dan kutub selatan mencair akibat dari pemanasan global ini.
untuk mencegah dan menanggulangi pemanasan global kita harus mulai dari sekarang dengan cara,menanam pohon,dan tidak menebang hutan,serta mengurangi polusi yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor.
Agar bumi kita kembali hijau seperti sedia kala.


Nama : Astri siti.M
kelas : XI IA 2

Unknown mengatakan...

ternyata Global warming terjadi bukan sekarang-sekarang ini, tetapi dari dulu, Global warming sudah terjadi. dengan adanya gunung salju mulai meleleh, itu sudah menandakan suhu di bumi meningkat. tetapi dulu masih banyak dari beberapa kalangan yang kurang peduli terhadap hal itu. malahan masalah Global warming dijadika sebuah politik untuk tujuan tertentu. kurangnya respon dari beberapa kalangan itu, membuat masalah ini semakin parah, apalagi di jaman modern ini, banyak tekhnologi yang digubnakan sehingga banyak gs yang bisa meningkatkan suhu bumi. oleh sebab itu banyak menimbulkan dampak negatif seperti penaikan volume air laut dari melelehnya salju atau es yang dapat mengakibatkan air laut pasang dan gelombang tinggi, dan juga dengan banyak orang yang menggunakan alat pendingin itu akan lebih meningkatkan suhu bumi karena gas yang ditimbulkannya. dengan itu kita harus benar-benar menjaga bumi ini dengan cara penghijauan, mengurangi alat yang menggunakan listrik, dan yang menghasilkan gas yang dapat menimbulkan kenaikan suhu bumi agar bumi kita ini bisa kembali ke bumi yang hijau...

nama : Adek Tari S
kelas : XI IA 2

Unknown mengatakan...

menurut saya manusia itu seharusnya sadar bahwa kehidupan mereka itu terancam karena adanya Global warming, sadar akan nasib bumi ini yang sewaktu-waktu bisa hancur, karena ulah manusia itu sendiri. seharusnya mereka mulai melakukan penghijauan, bukan seenaknya menebang pohon sembarangan apalagi secara ilegal, bagaimana bumi ini bisa hijau, sejuk, dan tidak terjadi pemanasan Global kalau manusia itu sendiri tidak menyadari apayang telah dilakukan terhadap bumi ini. bumi akan gersang, karena tidak ada lagi tumbuhan hijau. bumi bagai dipanaskan diatas wajan dan meleleh bagai es krim. kalau sudah begitu bagaimana???, dimana kita akan tinggal???, bagaiana kita hidup???. sebelum hal itu terjadi, mari kita lakukan penghijauan satu orang satu pohon, agar tidak terjadi pemanasan Global untuk menyelamatkan bumi kita....

nama : Neng Nenti Yulianti
kelas : XI IA 1

Unknown mengatakan...

Setelah saya membaca tentang pemanasan global(global warming)saya yakin bahwa pemanasan global ada,nyata dan benar-benar terjadi dan akan terjadi di bumi ini jika kita tidak mencegahnya.Serta setelah melihat bermacam-macam argumentasi para ilmuwan di dunia dengan beragam argumentasi dan penelitian-penelitianya yang sangat meyakinkan sekali bahwa pemanasan global ini sungguh-sungguh nyata.hal ini pun dapat kita lihat dari bukti-bukti seperti di negara kita sendiri.Sekarang iklim di bumi sudah tidak menentu lagi kekeringan sering terjadi di berbagai daerah, air laut pun semakin bertambah hal ini di sebabkan karena es yang ada di permukaan bumi ini sudah mulai mencair.Oleh karena itu untuk mencegah dan memerangi ancaman pemanasan global harus kita mulai dari sekarang.Salah satunya dengan cara menanam pohon dan tumbuhan,mengurangi penggunaan bahan-bahan yang terbuat dari plastik,mengurangi penggunaan bahan-bahan yang banyak mengeluarkan gas,jangan terlalu banyak menebang pepohonan di hutan apalagi secara besar-besaran mengeksploitasinya,mengurangi asap pada kendaraan bermotor dan lain-lain.

nama : Gugum Gumbira
kelas : XI IA 2

Unknown mengatakan...

Global Warming itulah yang sekarang ini dibicarakan banyak orang. asaesuatu yang sangat ditakuti oleh banyak orang di Dunia. Global Warming terjadi karena banyak orang yang terlalu berlebihan dalam pemakaian/ penggunaan sumber-sumber dari bumi. Ditambah dengan adanya orang-orang yang tidak bertanggung jawab, seenaknya memakai/ menggunakan hasil alam untuk kepentingan dirinya sendiri dan tidak memikirkan segala akibatnya, misalnya penebangan pohon secara ilegal. Global Warming sedang terjadi dimana-mana? itu memang benar terjadi adanya, misalnya, melelehnya es di Kutub Utara yang berlangsung begitu cepat. Apakah Global Warming bisa dicegah? bisa, ada banyak cara untuk mencegah itu semua, salah satunya adalah seperti yang sering dibicarakan banyak orang saat ini, yaitu penanaman 1000 pohon. Menurut saya pencegahan Global Warming/ pengembalian kondisi bumi itu hanya bisa terjadi apabila setiap orang di dunia dapat berfikir luas dan cerdas. Kemajuan teknologi memang penting dan sangat berguna untuk kepentingan zaman tapi disamping itu semua cobalah untuk memikirkan bumi kita ini, bumi tempat kita tinggal.

Nama: Dede Abdillah
Kelas:XI-IA-1

Unknown mengatakan...

Global warming adalah meningkatnya suhu bumI karena menipisnya lapisan ozon sehingga tidak bisa menhana sinar ultraviolet. menurut saya Global warming sangat membahayakan kehidupan ini. tapi sebenarnya ini semua disebabkan oleh manusia juga, contoh, penembangan liar, penggunaan AC, polusi sisa pembakaran BBM. Oleh karena itu, marilah kita semua mencegah supaya Global warming tidak berkelanjutan dengan cara:
penghujauan, mengurangi penggunaan gas-gas yang dapat mengakibatkan tipisnya lapisan ozon. kita sembuhkan Indonesia dari Global Warming....

nama : Fitri pitaloka
kelas : XI IA 2

Unknown mengatakan...

setelah saya membaca membaca artikel tentang Global warming ini, kini saya menjadi percaya akan adanya Global warming ini, yang mengakibatkan banyaknya kejadian-kejadian alam yang tidak semestinya misalnya musim hujan tidak pada musim semestinya, dan kemarau pun sebaliknya. dan yang paling mengkhawatirkan adalah efek dari Global warming ini yaitu meniupiskan lapisan Ozon, yang mengakibatkan sianr matahari yang datang ke bumi tidak dapat dipantulkan kembali, dan tiu menyebabkan panas yang berlebihan di bumi sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan bencana yang amat besar pada bumi ini, yaitu melelehnya kutub utara dan kutub selatan yang bisa mengakibatkan pulai-pulau yang ada dipesisir laut akan tenggelam. mudah-mudahan itu tidak terjadi... oleh karena itu sebagai menusia yang cinta akan bumi ini pantaslah kita untuk menjaganya...

nama : Maya Desriyanti
kelas : XI IA 2

Ade Rusliana On Line mengatakan...

tolong tanggapi juga merka yang sudah memberikan komentar, karena toh komentarnya belum tentu benar juga. Jadi sebaiknya baca materinya lalu baca setiap tanggapannya kemuadian berikan komentar, sehingga tidak ada pendapat yang sama yang ditulis 2 kali.

Unknown mengatakan...

menurut saya Global warming adalah sesuatu iklim yang didalamnya ditandai oleh menaiknya suhu udara. kenaikan suhu udara ini pun disebabkan oleh menipisnya lapisan ozon yang diakibatkan oleh terlalu rakusnya manusia dalam energi eksploitasi bumi, dan tidak pandai menjaga keseimbangannya. dewasa ini banyak fakta yang menyatakan bukti dari dampak pemanasan Global seperti udara yang kita rasakan saat ini yang begitu panas, selain itu, banyak gunung es yang meleleh akibat efek tersebut. dalam hukum Fisiska pun menyatakan bahwa: "Energi bersifat kekal, tidak dapat berkurang, dan bahkan bertambah". dari sini dapat disimpulkan bahwa apabila melelehnya es akibat pemanasan, es tersebut akan mencair, dan sebagian besar kawasan daratan dapat terancam. dari uraian diatas, kita sebagai manusia seharusnya sadar terhadap perubahan iklim saat ini, dan janganlah kita terlalu rakus dalam mengeksploitasi bumi ini. sehingga bumi kita hijau, dan terhindar dari pemanasan. dan saya sarankan agar kita banyak menghindari hal-hal yang dapat mengakibatkan meningkatnya suhu udara ini, seperti menghindari pamakaian tekhnologi yang berlebih....

nama : Ai Ratna
kelas : XI IA 1

Unknown mengatakan...

menurut pendapat saya
masalah global warming ini masalah semakin menghawatirkan, tetapi banyak orang yang tidak menyadarinya padahal mereka sendiri yang mengakibatkan suhu bumi menaik dengan penebangan pohon secara liar dan terlalu berlebihan menggunakan alat teknologi yang tidak ramah lingkungan, hal itu terjadi diakibatkan lapisan ozon tipis sehingga suhu di bumi semakin panas.oleh karena itu kita harus sadar, bahwa masalh yang terjadi di dunia ini akibat perbuatan manusia sendiri.

Unknown mengatakan...

yandi kelas XI/IA-1

Irfan mengatakan...

Menurut saya, prediksi tentang bumi akan menjadi bola es mungkin bisa terjadi ataupun tidak sama sekali. Karena dampak semua ini terjadi oleh ulah manusia sendiri, dan saya yakin bahwa masih ada cara untuk mengatasi dampak global warming itu sendiri. Oleh karena itu saya cantumkan beberapa sumber yang mungkin dapat bermanfaat.
1. http://langitselatan.com/2007/05/30/es-di-greenland-dan-global-warming/
2. http://rovicky.wordpress.com/2007/12/15/global-warming-ngga-bisa-dicegah/
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global

Nama : Irfan Suherlan
Kelas : XI-Ia'2

Unknown mengatakan...

Menurut saya,Global warming terjadi akibat perbuatan manusi seperti banyak orang yang menebang pohon-pohon dihutan, sehingga gunung menjadi gundul dan penggunaan alat teknologi yang sering menimbulkan gas sehingga suhu di bumi meningkat. itu semua menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan makhluk hidup terutama manusia. oleh karena itu ,kita harus menjaga bumi dengan cara penghijauan di gunung-gunung gundul dan lingkungan sekitar dan juga mengurangi penggunaan alat teknologi yang dapat menimbulkan suhu bumi, yaitu global warming. agar masalah global warming tidak semakin mengkhawatirkan

nama : ramdani
kelas : XI-IA-I

Unknown mengatakan...

Global warming
Itulah yang sekarang ini sering di bicarakan banyak orang.global warming sesuatu yang ditakuti oleh banyak orang di seluruh dunia,padahal manusia yang mengakibatkan global warming itu sendiri.dengan menebang pohon-pohon di hutan,sehingga gunung menjadi gundul,menggunakan alat teknologi yang tidak ramah lingkungan secara berlebihan.Hal itu mengakibatkan lapisan Ozon menipis sehingga suhu di bumi menjadi panas. Oleh karena itu kita harus menjaga bumi kita dengan cara penghijauan gunung-gunung yang gundul dan lingkungan sekutar dan juga mengurangi penggunaan alat teknologi yang dapat menimbulkan penigkatan suhu bumi."Agar masalah global warming tidak semakinmengkhawatirkan".

Nama :Gilang Ramadhan
Kelas :XI-IA-I

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum bapak...
Menurut saya... Global warming itu sendiri adalah pemanasan global yang berbahya sekali bagi kita & bumi kita. global warming itu terjadi karena asap pabrik-pabrik, kendaraan-kendaraan, penebangan hutan secara liar dan lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan menipisnya lapisan ozon karena kandungan oksigen semakin berkurang, sehingga sinar ultra violet akan masuk langsung ke bumi, yang akan mengakibatkan suhu di bumi menjadi panas. Yang dikhawatirkan mencairnya es di kutub yang tidak menutup kemunkinan daratan akan tenggelam. Oleh karena itu kita sebagai manusia yang butuh akan adanya kehidupan, kita harus menjaga bumi ini dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara yaitu dengan melakukan penghijauan kembali (reboisasi) dan mengurangi efek rumah kaca.

Nama: desy Novianty
Kelas: XI.IA.1

Unknown mengatakan...

global warming (pemanasan global) pada dasrnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca yang disebabkan oleh gas-gas seperti karbon dioksida
(CO2),metana (CH4),dintro oksida (N20),dan CFC. sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosphir bumi. berbagai literal menunjukan kenaikan temperatur global-termasuk indonesia yang terjadi pada kisaran 1,5-40 celcius pada akhir abad 21.
dampak global warming diantaranya pengurangan produktifitas lahan pertanian, peningkatan resiko kanker, dan wabah penyakit.
global warming disebabkan oleh tidak terkendalinya aktivitas manusia dalam mengeksploitasi sumber daya alam, seperti penebangan hutan serta bertambahnya pabrik dan limbah.

femi nur astarina
x1 IA 2

Unknown mengatakan...

assalaamu'alaikum.........
komentar saya tentang global warming yang sedang marak saat ini yaitu:
global warming atau pemanasan global yang sedag marak saat ini sebenarnya adalah akibat ulah manusia itu sendiri.
manusia terlalu berambisi ingin memajukan tekhnologi yang sebenarnya itu berakibat fatal pada kenyamanan hidup di dunia ini.
seperti contohnya yaitu efek rumah kaca. asalnya manusia membuat rumah kaca agar hemat energi,agar cahaya matahari langsung tembus pada tanaman yang ada di dalamnya.
tetapi ternyata efek rumah kaca mengakibatkan cahaya matahari yang turun kebumi kembali terpantul oleh adanya rumah kaca tersebut.
oleh karena itu,sebenarnya utk mengatasi global warming itu harus kembali pada diri kita sendiri yang harus bisa menghindari hal-hal yang akan mengakibatkan lebih lanjutnya bahaya global warming yang sedang marak saat ini.
kesimpulannya, pencegahan global warming adalah introspeksi diri individu-individu yang harus lebih berhati-hati terhadap munculnya global warming.
contohnya dengan cara penghijauan dan hemat energi.
terima kasih...
wass,,

siti sarah lestari
XI_IA_1

Unknown mengatakan...

Assalaamu'alaikum Wr.Wb
Dunia ini memang sudah akhir zaman.Itulah yang sering kita dengar dari orang-orang.Dan sekarang hal itu terbukti dengan keadaan bumi kita yang semakin hari semakin semraut.Salah satunya yaitu isu tentang global warming.Kita hanya bisa mengeluh dengan keadaan sekarang,namun tidak berpikir mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana kita bisa mengatasinya.Bila kita hanya berpangku tangan hanya untuk meresahkan isu tersebut tanpa kita berusaha untuk mengatasinya,maka isu tentang global warming di bumi kita ini tidak akan hilang.Usaha yang kita bisa lakukan sebagai pelajar yaitu mulai dari sekarang kita harus bisa mencintai lingkungan kita sendiri baik dari kebersihannya maupun dari keasriannya.jadi,mulai dari sekarang marilah kita buat lingkungan kita hijau sehingga terhindar dari bahaya-bahaya yang membuat bumi kita hancur karna GLOBAL WARMING.

Siti Nurasiah
XI.IA.2

Unknown mengatakan...

menurut saya tentang pemanasan global sangat merugikan semua yang hidup di bumi ini misalnya udara mulai tercemar oleh polusi kendaraan,limbah industri yang menyebabkan tanah tandus tidak subur sehingga kita susah untuk melakukan penghijauan. oleh karena itu sebagai manusia yang cinta akan bumi,sudah selayaknya kita menjaga bumi dengan mengurangi penggunaan barang-barang elektronik.

yuli
XI-IA-2

Unknown mengatakan...

menurut pendapat saya ...
dengan terjadinya global warming itu sangat merugikan semua yang ada dibumi ini. dampak dari global warming sekarang sudah terasa, contohnya saja: pada musim yang seharusnya terjadi musim hujan,sekarang berubah menjadi musim panas.
kemudian banyak orang yang menggunakan efek rumah kaca.
dan polusi udara akibat kendraan bermotor.
oleh sebab itu mulai dari sekarang kita semua harus menjaga bumi ini dari pemanasan global agar bumi ini menjadi kembali seperti semula.
dan terima kasih kepada bapak dengan informasi yang bapak beri,saya lebih mengetahui tentang global warmimg. dan mudah-mudahan bermanfaat untuk semuanya.
bye.......bye......

reni ulfah nurani
XI-IA-1

Unknown mengatakan...

asslammualaikum wr.wb
pendapat saya tentang global warming yang sedang terjadi di seluruh belahan duniaya ini yaitu: globar warming atau pemanasan global pada intinya disebabkan oleh tingkah laku manusia yang semena-mena.
misalnya, jangan jauh-jauh keluarnegri, di negara kita sendiri yaitu negara indonesia, orang-orang sudah mulai tidak peduli akan keadaan lingkungan nya sendiri, misalnya di indonesia kendaraan bermotor sudah tidak dapat dihitung lagi jumlahnya, kendaran bermotor dimana-mana mengeluarkan polusi atau udara kotor.
serta maraknya jumlah pabrik-pabrik yang mengeluarkan limbah-limbah beracun yang dapat mengakibatkan tercemarnya lingkungan.
terimakasih

Muhammad Ibrahim kelas XI IA 1.

Unknown mengatakan...

assalaamu'alaikum..
sungguh sangat mengerikan jika hal yang mengancam dunia seperti global warming benar-benar terjadi dan itupun akibat dari ulah manusia yang tidak peduli terhadap alam,
seperti menggunduli hutan seenaknya tanpa peduli akibatnya.
banjir dimana-mana dan tidak adanya tumbuhan itu juga mengakibatkan global worming yang saat ini sedang membumi. maka dari itu kita sebagai manusia mulai dari sekarang harus bisa lebih peduli terhadap alam dan tidak seenaknya berbuat sesuatu yang dapat merugikan alam.
dan mulai saat ini kita melaksanakan penghijauan rame-rame agar sesuatu yang kita tidak inginkan seperti akibat dari
global warming itu tidak terjadi.

siti maemunah
XI-IA-2

Unknown mengatakan...

assalammu'alikum.wr.wb.....
komentar saya tentang global warming:
jadi global warming itu adalah suatu bencana yang sedang kita coba untuk perangi.
global warming akan muncul jika kita tidak pandai-pandai menjaga lingkungan sekitar kita dengan baik.
global warming atau pemanasan global sebenarnya terjadi akibat tidak sadarnya kita akan perbuatan-perbuatan serakah kita terhadap lingkungan sekitar.
sebenarnya global warming bisa kita cegah kedatangannya dengan cara melestarikan alam dengan sebaik-baiknya.
terima kasih....

ricky,XI_IA_1

Unknown mengatakan...

Global warming, global warming, global warming. sebuah kalimat yang hampir kita bicarakan setiap hari, banyak slogan STOP GLOBAL WARMING dimana-mana. orang-orang banyak melihat akibat Global warming seperti gejala-gejala alam yang tak pernah diduga sebelumnya. tapi sayangnya masih banyak sebagian orang yang tidak tahu apa dan bagaimana global warming itu. padahal seharusnya kita betul-betul mengetahui hal ini, agar bisa sedikit mencegahnya, mengingat telah banyak sekali masalah-masalah yang timbul dan sangat-sangat merugikan kehidupan manusia saat ini, dan di masa depan. dan yang lebih disayangkan lagi, tidak semua orang memiliki keinginan yang besar untuk mengetahui sampai akhirnya mereka hanya bisa melihat akibatnya saja. dan mungkin memang kita hanya bisa melihat dan diam, sampai bumi kita benar-benar HANCUR!!!.... karena itu, agar semua tidak terjadi, mari kita bangun bumi ini, agar terbebas dari segala bencana, dan kita hilangkan ketakutan kita akan bumi kita yang hancur....

NAMA : Leyda Nur Saputri
Kelas : XI IA 2

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum... Maaf telat Pak, Saya ingin menambahkan komentar saya mengenai isu global warming yang lagi marak-maraknya dibicarakan. Yang konon sangat merugikan. Global warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata (permukaan bumi) akibat menipisnya lapisan ozon dan peningkatan jumlah emisi gas di atmosfer yang dianggap sebagai aktifitas manusia. Adapun efek dan penyebab global warming diantaranya: 1. Efek Rumah Kaca 2. Perubahan Iklim yang tak menentu, akibat aktifitas manusia itu sendiri. Saya sangat prihatin terhadap bumi kita sekarang ini, bagaimana tidak? bumi kita menjadi seperti ini akibat ulah kita sendiri. Manusia terlalu berambisius untuk kepentingan dirinya sendiri tanpa melihat akibat yang akan ditimbulkan. Wahh global warming merupakan dampak Efek Rumah kaca. Menurut Ilmu Fisika, Efek Rumah Kaca merupakan beberapa gas yang mempunyai kemampuan menahan panas. Global warming akan diikuti dengan perubahan iklim, sepewrti meningkatanya curah hujan di beberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir,erosi,musim kering yang berkepanjangan. Duuwh ternyata sangat merugikan sekali!! global warming dan Perubahan Iklim terjadi akibat aktivitas manusia terutama yang berhubungan dengan penggunaan bahan bakar fosil (minyak bumi dan batu bara),kegiatan pertanian,peternakan. Kegiatan tersebut secara langsung maupun tak langsung menyebabkan perubahan komposisi alami atmosfer yaitu peningkat gas rumah kaca secara global. Efek Rumah Kaca merupakan penyebab sementara, sedangkan Global warming dan Perubahan Iklim merupakan akibat. Menurut Saya, Upaya yang dapat kita lakukan saat ini yaitu Pemerintah bisa membuat study teknologi dan ekonomi secara literatur. trus mengurangi emisi gas rumah kaca. Dan yang paling penting revolusi gaya hidup harus diubah, bentuk kesadaran dan motivasi kita terhadap lingkungan harus benar-benar ditingkatkan. Oiya pemanfatan sampah juga merupakan salah satu upaya. Kita bisa melakukan pemisahan sampah. Salah satu langkah bagus demi terciptanya lingkungan yang asri. Pendapat mengenai Proses Recycle bisa dilakukan, yaitu Proses yang vital demi terciptanya lingkungan with zero emission dapat dilakukan khususnya di Indonesia. Sebenarnya saya sangat prihatin sekali terhadap Indonesia yang jika berdasarkan Indikator Konversi lahan dan hutan, Indonesia mendapat posisi ke 3 penyebab Global Warming? Mmm semoga upaya-upaya ini bisa dilakukan. Apa jadinya kalau kita terus-terusan mengabaikan perubahan iklim dan lingkungan sekitar. Berhentilah bersikap egoisme,memikirkan diri sendiri. Kini saatnya kita perduli terhadap bumi kita. Apa jadinya bumi kita 20 tahun yang akan datang kalu kita tidak menjaganya. pokonya "Bergerak Untuk Bumi Kita" jangan hanya memikirkan diri sendiri. "STOP GLOBAL WARMING dan BUDAYA ECOLIFESTYLE" Memang benar pencanangan "Think Globaly Act Locally", pokonya mulailah dari hal yang kecil untuk bumi kita. Karena memang manusia berperanan bagi nasibnya sendiri. Akibat Global Warming, maka bumi kita tidak akan hijau sepwerti dulu lagi. Bumi kiyta tidak sedap dipandang. Kita wajib menjaga, melestarikan dan berbuat baik untuk bumi kita tercinta. Kini saatnya stop global warming, kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi? dimulai dari diri nkita sendiri.
Nama :Neni Siti Nuraeni
Kelas:XI-IA-1

Unknown mengatakan...

TANTI NOVIANTI XI IPA2
Komentar saya tentang Global w arming !
Saya heran.....
Semua orang beramai-ramai menyatakan stop global warming, tapi pada kenyataannya zero and Besar. Apa susahnya membuang bungkus makanan pada tempatnya atau apabila di seklitar kalian tidak ada tempat sampah. Kantongilah bungkus makanan atau permen yang kalian makan, bukan di jalan raya atau dengan ringan tangannya buang begitu saja. Tanpa memikirkaan akibatnya, makanya jangan heran banjir dimana-mana. Ayolah kita jaga bumi kita ini, rawat, pelihara dan jangan membuat bumi marah.
Kita jangan Cuma gembar-gembor ngomong global warmingb doank, atau kita Cuma pasrah dan bilang ini semua sudah takdir dari Tuhan kita juga mesti bertindak dari diri kita sendiri !!!. ayo kita hemat energi yang sering kita buang dengan sia-sia.
Sebenarnya kalau menurut aku sih, kalau mau mencegah itu sudah terlambat, tetapi kita bisa menghambat proses global warming caranya adalah dari hal dan kebiasaan kecil hingga yang besar dari buang sampah sembarangan dan jangan menyalakan AC dengan kaca terbuka dan menyadarkan diri, mengurangi kelakuan kita yang menyebabkan kita jadi bagian dari proses pemusnahan manusia oleh alam yang di dalangi oleh ketamukan manusia.
Klo gk dr dri sndr....
Mo kpn lg qt nyadarin org laen ttg pentingna khdpn k dpn.........???
Global Warming = Global Destruction of our Earth
Dalam pencegahannya emang ga bisa serentak, karena banyak pihak yang masih belum peduli dan ada permainan kepentingan disana. So mari dimulai dari kita2 yang peduli dulu, mulai memikirkan solusi bersama. Bukan saatnya menyalahkan tapi kini saatnya untuk bergerak memberi penyelesaiaan. STOP GLOBAL WARMING BEGIN FROM YOURSELF!!!
Nama :TANTI NOVIANTI
Kelas:XI IPA2

Unknown mengatakan...

ternyata Global warming terjadi bukan sekarang-sekarang ini, tetapi dari dulu, Global warming sudah terjadi. dengan adanya gunung salju mulai meleleh, itu sudah menandakan suhu di bumi meningkat. tetapi dulu masih banyak dari beberapa kalangan yang kurang peduli terhadap hal itu. malahan masalah Global warming dijadika sebuah politik untuk tujuan tertentu. kurangnya respon dari beberapa kalangan itu, membuat masalah ini semakin parah, apalagi di jaman modern ini, banyak tekhnologi yang digubnakan sehingga banyak gs yang bisa meningkatkan suhu bumi. oleh sebab itu banyak menimbulkan dampak negatif seperti penaikan volume air laut dari melelehnya salju atau es yang dapat mengakibatkan air laut pasang dan gelombang tinggi, dan juga dengan banyak orang yang menggunakan alat pendingin itu akan lebih meningkatkan suhu bumi karena gas yang ditimbulkannya. dengan itu kita harus benar-benar menjaga bumi ini dengan cara penghijauan, mengurangi alat yang menggunakan listrik, dan yang menghasilkan gas yang dapat menimbulkan kenaikan suhu bumi agar bumi kita ini bisa kembali ke bumi yang hijau...

nama : Adek Tari S
kelas: XI IA 2

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum....
Menurut saya global warming adalah meningkatnya suhu di muka bumi secara keseluruhan. Hal ini di akibatkan oleh ulah manusia yang selalu ingin memuaskan keinginannya sendiri tanpa memikirkan akibat yang akan terjadi kedepannya.Dengan menciptakan teknologi yang serba modern, misalnya kendaraan. Efek dari kendaraan itu mengeluarkan gas yang mengandung CO2 dan CO yang berlebihan. Selain itu, para ahli juga menciptakan rumah kaca, yang tadinya bertujuan untuk menghemat energi,tetapi hasilnya malah fatal, karena sinar matahari yang jatuh kebumi terpantul oleh adanya rumah kaca tersebut.
Faktor lain yang mendukung meningkatnya suhu dibumi, berkurangnya oksigan yang ada dibumi karena ulah manusia yang merusak hutan dengan cara menebang pohon secara liar dan tidak bertanggung jawab dengan tidak mau menanam kembali pohon yang sudah ditebang.
Kalau kita tidak ingin bumi kita ihi semakin rusak, jadilah manusia yang bertanggung jawab atas perbuatan sendiri yang merugikan. Tidak hanya merugikan dirinya sendiri, tapi juga orang lain.
Itulah komentar saya terhadap GLOBAL WARMING.
Wassalamualaikum.....


Nama: Siti Munisah
Kls ; X1.IA.1

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum .....
Menurut saya global warming adalah suatu bencana bagi bumi ini hingga dapat menggegerkan dunia ini.Menurut saya penyebab dari terjadinya global warming di akibatkan dari pelepasan gas karbon(CO2)yang berasal dari asap-asap pabrik dan dari asap-asap alat transportasi dan rumah kaca efek dari global warming adalah samudar es yang mencair lebih cepatb dari sebelumnya dan mengakibatkan cuaca di bumi ini menjadi tidak menentu ironisnya tanpa kita sadari global warming pun kita yang mengakibatkannya.
cara yang tepat untuk kita perbaiki bumi ini adalah dengan kemauan kita yang kuat ingin merubah bumi ini menjadi lebih baik lagi dan dengan cara penghijauan di sekitar lingkungan kita.

ratih rahayu
XI-IA-2

Unknown mengatakan...

menurut saya Global warming adalah sesuatu iklim yang didalamnya ditandai oleh menaiknya suhu udara. kenaikan suhu udara ini pun disebabkan oleh menipisnya lapisan ozon yang diakibatkan oleh terlalu rakusnya manusia dalam mengeksploitasi bumi, dan tidak pandai menjaga keseimbangannya. dewasa ini banyak fakta yang menyatakan bukti dari dampak pemanasan Global seperti udara yang kita rasakan saat ini yang begitu panas, selain itu, banyak gunung es yang meleleh akibat efek tersebut. dalam hukum Fisiska pun menyatakan bahwa: "Energi bersifat kekal, tidak dapat berkurang, dan bahkan bertambah". dari sini dapat disimpulkan bahwa apabila melelehnya es akibat pemanasan, es tersebut akan mencair, dan sebagian besar kawasan daratan dapat terancam. dari uraian diatas, kita sebagai manusia seharusnya sadar terhadap perubahan iklim saat ini, dan janganlah kita terlalu rakus dalam mengeksploitasi bumi ini. sehingga bumi kita hijau, dan terhindar dari pemanasan. dan saya sarankan agar kita banyak menghindari hal-hal yang dapat mengakibatkan meningkatnya suhu udara ini, seperti menghindari pamakaian tekhnologi yang berlebih....

nama : Ai Ratna
kelas : XI IA 1

Unknown mengatakan...

menurut saya manusia itu seharusnya sadar bahwa kehidupan mereka itu terancam karena adanya Global warming, sadar akan nasib bumi ini yang sewaktu-waktu bisa hancur, karena ulah manusia itu sendiri. seharusnya mereka mulai melakukan penghijauan, bukan seenaknya menebang pohon sembarangan apalagi secara ilegal, bagaimana bumi ini bisa hijau, sejuk, dan tidak terjadi pemanasan Global kalau manusia itu sendiri tidak menyadari apayang telah dilakukan terhadap bumi ini. bumi akan gersang, karena tidak ada lagi tumbuhan hijau. bumi bagai dipanaskan diatas wajan dan meleleh bagai es krim. kalau sudah begitu bagaimana???, dimana kita akan tinggal???, bagaiana kita hidup???. sebelum hal itu terjadi, mari kita lakukan penghijauan satu orang satu pohon, agar tidak terjadi pemanasan Global untuk menyelamatkan bumi kita....

nama : Neng Nenti Yulianti
kelas : XI IA 1

Unknown mengatakan...

Global warming merupakanpemanasan global yang terjadi akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dampak nya bagi bumi sangat buruk dan dapat merusak atau mencemari lingkungan banyak pabrik-pabrik dan banyak juga kendaraan-kendaraan yang mencemari lingkungan seperti mobil motor efek rumah kaca dll.
global worming harus segera cepat-cepat di musnahkan dengan cara menanam tanaman yang hijau dan kita harus menyadari apa yang kita lakukan adalah salah kita harus tau dampak dan akibat yang harus kita tanggung.



nama:aisyah fitriani
kelas:XI IA 1

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum...
global warming atau pemanasan global memang sedang marak di perbincangkan dunia. dan penjelasan mengenai global warming hampir semua komentar-komentar sebelumnya menjelaskan bahwa global warming yaitu meningkatnya suhu bumi karena faktor-faktor tertentu yang di buat atau dilakukan oleh manusia itu sendiri.dan saya belum bener-benar percaya apakah benar karena faktor efek rumah kaca, penggunaan pendingin ruangan, dan hasil pembakaran bahan bakar akan menjadikan suhu bumi meningkat karena saya sendiri belum pernah mengukur naik turunya suhu bumi.hehe..jangan ketawa pak,tapi benarkan?
tapi, yang saya rasakan saat ini sepertinya global warming memang nyata. buktinya Indonesia yang mempunyai dua iklim yaitu musim kemarau dan hujan sekarang mulai sudah tidak menentu yang biasa teratur sekarang di musim hujan kadang-kadang panas berkepanjangan atau sebaliknya musim kemarau hujan.dan seperti dalam artikel bapak yang katanya es di kutub utara akan mencair itu juga adalah bukti dari efek rumah kaca. yang berarti benar pemanasan global ini di akibatkan oleh manusia yang makin kesini makin rakus akan nikmat dunia.seperti dalam Al-Quran di jelaskan turunya manusia kebumi ini hanya akan menimbulkan pertumpahan darah dan kekacauan maka tunggulah kehancurannya. bunyi ayat tersebut memang benar terjadi seperti yang terjadi saat ini.
intinya tidak mungkin kita akan senang dan menunggu sampai dunia ini hancur. kini semua itu telah terjadi dan tidak bisa kita hindari hanya saja mungkin kita dapat memperlambat kejadian tersebut dengan mengurangi pembuatan rumah kaca, menghemat energi terutama listrik, mengurangi penggunaan bahan bakar dan lain -lain. dan tetap beristikomah juga meminta perlindungan pada Allah SWT.
cukup sekian komentar dari saya.
Wassalam...

Shiffa Fadillah
XI.IA.I

Welcome To My Room mengatakan...

global warming adalah menaikan suhu di permukaan bumi, penyewbab kenaikan suhu tersebut ialah karena adanya gas rumah kaca yang di emisikan ke udara seperti CO2,S2O,gas hydrocarbon dan sulfur. pemanasan global terasebut mengakibatkan banyak hal seperti :
es - es yang ada di kutub utara dan selatan. namun sayang sekali fakta yang begitu banyak masih mendapat perhatian yang minim dari bebagai pihak.
Nama :Sinta Supenti
Kelas :XI-IA-1

Unknown mengatakan...

global warming adalah menaikan suhu di permukaan bumi, penyewbab kenaikan suhu tersebut ialah karena adanya gas rumah kaca yang di emisikan ke udara seperti CO2,S2O,gas hydrocarbon dan sulfur. pemanasan global terasebut mengakibatkan banyak hal seperti :
es - es yang ada di kutub utara dan selatan. namun sayang sekali fakta yang begitu banyak masih mendapat perhatian yang minim dari bebagai pihak.
Nama :Aisyah
Kelas :XI-IA-1

Unknown mengatakan...

global warming adalah menaikan suhu di permukaan bumi, penyewbab kenaikan suhu tersebut ialah karena adanya gas rumah kaca yang di emisikan ke udara seperti CO2,S2O,gas hydrocarbon dan sulfur. pemanasan global terasebut mengakibatkan banyak hal seperti :
es - es yang ada di kutub utara dan selatan. namun sayang sekali fakta yang begitu banyak masih mendapat perhatian yang minim dari bebagai pihak.
Nama :Susi Susanti
Kelas :XI-IA-1

Unknown mengatakan...

global warming adalah menaikan suhu di permukaan bumi, penyewbab kenaikan suhu tersebut ialah karena adanya gas rumah kaca yang di emisikan ke udara seperti CO2,S2O,gas hydrocarbon dan sulfur. pemanasan global terasebut mengakibatkan banyak hal seperti :
es - es yang ada di kutub utara dan selatan. namun sayang sekali fakta yang begitu banyak masih mendapat perhatian yang minim dari bebagai pihak.
Nama :Susi Susanti
Kelas :XI-IA-1

Unknown mengatakan...

global warming adalah menaikan suhu di permukaan bumi, penyewbab kenaikan suhu tersebut ialah karena adanya gas rumah kaca yang di emisikan ke udara seperti CO2,S2O,gas hydrocarbon dan sulfur. pemanasan global terasebut mengakibatkan banyak hal seperti :
es - es yang ada di kutub utara dan selatan. namun sayang sekali fakta yang begitu banyak masih mendapat perhatian yang minim dari bebagai pihak.
Nama :Sinta Supenti
Kelas :XI-IA-1

Unknown mengatakan...

global warming adalah pemanasan global di bumi.disebabkan oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. solusinya dengan cara mengulangiilegal login, efek rumah kaca da asap kendaraan, harus di lakukan penghijauan.
Nama :Irfan
Kelas :XI-IA-1

Anonim mengatakan...

TANTI NOVIANTI XI IPA2
Komentar saya tentang Global w arming !
Saya heran.....
Semua orang beramai-ramai menyatakan stop global warming, tapi pada kenyataannya zero and Besar. Apa susahnya membuang bungkus makanan pada tempatnya atau apabila di seklitar kalian tidak ada tempat sampah. Kantongilah bungkus makanan atau permen yang kalian makan, bukan di jalan raya atau dengan ringan tangannya buang begitu saja. Tanpa memikirkaan akibatnya, makanya jangan heran banjir dimana-mana. Ayolah kita jaga bumi kita ini, rawat, pelihara dan jangan membuat bumi marah.
Kita jangan Cuma gembar-gembor ngomong global warmingb doank, atau kita Cuma pasrah dan bilang ini semua sudah takdir dari Tuhan kita juga mesti bertindak dari diri kita sendiri !!!. ayo kita hemat energi yang sering kita buang dengan sia-sia.
Sebenarnya kalau menurut aku sih, kalau mau mencegah itu sudah terlambat, tetapi kita bisa menghambat proses global warming caranya adalah dari hal dan kebiasaan kecil hingga yang besar dari buang sampah sembarangan dan jangan menyalakan AC dengan kaca terbuka dan menyadarkan diri, mengurangi kelakuan kita yang menyebabkan kita jadi bagian dari proses pemusnahan manusia oleh alam yang di dalangi oleh ketamukan manusia.
Klo gk dr dri sndr....
Mo kpn lg qt nyadarin org laen ttg pentingna khdpn k dpn.........???
Global Warming = Global Destruction of our Earth
Dalam pencegahannya emang ga bisa serentak, karena banyak pihak yang masih belum peduli dan ada permainan kepentingan disana. So mari dimulai dari kita2 yang peduli dulu, mulai memikirkan solusi bersama. Bukan saatnya menyalahkan tapi kini saatnya untuk bergerak memberi penyelesaiaan. STOP GLOBAL WARMING BEGIN FROM YOURSELF!!!

Anonim mengatakan...

Global warming yang sekarang tengah terjadi dibumi kita ini sungguh sangat merugikan sekali.pemanasan global ini terjadi akibat banyaknya polusi udara dari kendaraan bermotor ditambah karena manusia terlalu berlebihan mengeksploitasi bumi.Ini menyebabkan iklim dibumi kita menjadi tak menentu,dan dapat mengakibatkan kemarau yang berkepanjangan karena suhu udara meningkat.Selain itu,air laut menjadi bertambah karena kutub utara dan kutub selatan mencair akibat dari pemanasan global ini.
untuk mencegah dan menanggulangi pemanasan global kita harus mulai dari sekarang dengan cara,menanam pohon,dan tidak menebang hutan,serta mengurangi polusi yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor.
Agar bumi kita kembali hijau seperti sedia kala.


Nama : Astri siti.M
kelas : XI IA 2

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb....
menurut saya global warming adalah kenaikan suhu di muka bumi secara menyeluruh. Hal ini disebabkan banyak faktor, diantaranya banyak gas CO dan CO2 yang mengakibatkan lapisan ozon semakin menipis. Akibatnya sinar/cahaya matahari langsung jatuh kebumi.
Sebenarnya hal ini terjadi akibat ulah manusia juga.Contohnya gas CO2 yang dihasilkan dari asap kendaraan, limbah ataupun asap pabrik dan rumah kaca.
Selain itu juga ulah manusia yang tidak bertanggung jawab sangat mempengnaruhi keadaan ini, seperti penebangan hutan secara liar dan pembakaran hutan.
Lapisan ozon yang semakin menipis itu membuat suhu bumi menjadi semakin panas.bahkan katanya, menurut kabar yang saya dengar kerusakan ozon sudah benar-benar parah,lapisan yang melindungi bumi dari cahaya matahari yang langsung ke bumi ini sudah bolong. Bahkan bolongnya lebih besar dari benua Afrika.
saya sangat setuju dengan rencana pemerintah untuk yang membuat program INDONESIA HIJAU.
"Dunia ini memang sudah akhir zaman, dan ini semua adalah rencana yang maha kuasa"
itulah pendapat saya tentang GLOBAL WARMING. semoga bermanfgaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.....

Unknown mengatakan...

Menurut saya global warming adalah pemanasan suhu bumi secara menyeluruh yang diakibatkan banyaknya gas CO dan CO2 Ke atmosfir yang menyebabkan lapisan ozon semakin menipis, akibatnya cahaya matahari yang masuk ke bumi terhalang oleh lapisan ozon. Gas CO dan CO2 tersebut dihasilkan dari berbagai aktifitas manusia sehari-hari, contohnya asap kendaraan, asap dari pabrik-pabrik dan zat-zat kimia beracun lainnya. Fakta lain yang membuktikan bahwa bumi kita ini mengalami pemanasan global yaitu, sekarang ini sedang terjadi kemarau yang berkepanjangan, sehingga tumbuhan menjadi kering ditambah lagi dengan ulah manusia yang seenaknya seperti, penebangan hutan secara liar yang dapat mengakibatkan hutan menjadi gundul dan bisa saja menimbulkan bencana banjir atau kebakaran hutan yang tidak terkendali.OLEH KARENA ITU KITA HARUS MENJAGA BUMI KITA INI DENGAN SEBAIK-BAIKNYA. Suci Xl-ipa-2

Unknown mengatakan...

Assalamualaiku wr wb
Menurut saya tentang global warming yaitu suatu pemanasan yang terjadi di bumi ini yang diakibatkan gas co2 yang terjadi pada efek rumah kaca yang disebabkan oleh manusia sendiri.awalnya manusia membuat rumah kaca yaitu agar cahaya matahari terpantul pada tanaman yang ada di sekitar rumahnya dan untuk menghemat energi. ternyata setelah saya cermati global warming ini dapat membahanyakan manusia karena global warming termasuk gas yang membahanyakan oleh karena itu kita harus cepat menmgfanggulanginya supaya global warming tidak semakin tinggi sehingga tidak akan membahayakan manusia.dan kita harus bisa mengatasinya dengan cara penghijauan dan mengurangi pembuatan rumah kaca,sehingga tidak ada hal-hal yang diinginkan sehingga mengakibatkan patal, dan saya berharap kita sebagai makhluk sosial bisa menjaga dan melestarikan bumi ini dengan baik.

sani agustiani
XI-IA-I
WASSALAMUALAIKUM WR WB

Unknown mengatakan...

Menurut saya global warming diakibatkan oleh terlau banyaknya gas codan co2 yang menyebabkan lapisan ozon menipis yang terjadi pada efek rumah kaca.dampak pemanasan global warming dan akibatnmya adalah perubahan cuaca yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang dapat membahanyakan manusia.temperatur yang panas dapat menyebabkan gagal panen sehingga akan muncul kelaparan dan kekurang nutrisi pada manusia.
pergeseran ekosistem yang dapat memberi dampak pada penyebaran penyakit melalui air seperti meningkantanya kejadian demam berdarah karna munculnyas ruang baru untuk nyamuk berkembang biak.
sebenarnya pemanasan global warming itu sendiri diakibatkan oleh manusia yang tidak peduli akan lingkungan sekitar seharusnya manusia sekarang harus mementingkan lingkungan agar sedikit terbebas dari pemanasan global yang terjadi pada saat ini.

astri dwi utami
XI-IA-2

Unknown mengatakan...

Menurut saya global warming adalah naiknya suhu bumi secara menyeluruh yang diakibatkan oleh gas buangan seperti CO dan CO2. Selain gas buangan efek rumah kaca pun salah satu faktor dari pemanasan global. Kedua contoh tersebut merupakan penyebab dari lapisan ozon yang semakin menipis. Karena rumah kaca menyebabkan cahaya matahari yang masuk ke bumi memeantul kembali.
Fakta lain yang membuktikan bumi kita mengalami global warming yaiti, Suhu di Sukabumi pada zaman dahulu berbeda dengan suhu pada zaman sekarang.Jadi untuk mengatasi global warming itu sendiri harus kembali pada diri kita sendiri yang harus berusaha menghindari hal-hal yang akan mengakibatkan lebih jauh global warming.
Karena siapa lagi yang akan menjaga dan melindungi bumi kita ini selain kita sendiri.
Mudah-mudahan kita sebagai penerus bangsa menyadari akan dampak dari pemanasan global.Amiiin
Terimakasih,Wassalam......


Nama: Tuti Sumiati
Kls: X1.IA.2

Anonim mengatakan...

Global Warming ternyata tidak hanya melanda materi saja, namun ternyata juga melanda budaya dan ekonimo di Indonesia. Khususnya di Indonesia banyak sekali kebocoran akibat kegemaran generasi bangsa terhadap budaya barat sehingga terjadi pemanasan global yang mengakibatkan pada hilangnya budaya asli Indonesia. Untuk sekarang ini sulit sekali keteduhan music indonesia diperdengarkan.

Anonim mengatakan...

Hallo semuanya.......

Anonim mengatakan...

Assalamua’alaikum Wr. Wb.
Menurut pendapat saya.........
Global warming adalah meningkatnya suhu bumi secara global yang disertai dengan keadaan suhu yang memanas dari suhu rata-rata. Global warming terjadi bukan karena gejala alam melainkn penyebab dari ulah manusia itu terjadi (Human eror) yang selalu mementingkan dirinya sendiri. Manusia hanya bisa berbuat dengan sekemanya saja. Menciptakan teknologi dengan alat-alat yang canggih yang awalnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dunia dengn adanya teknologi yang mutakhir, akan tetapi itu semua hanya angan-angan belaka seharusnya mereka lebih teliti dan mempertimbangkan sebelumnya setiap perbuatan yang dilakukannya. Karena kesalahan itu, yang akhirnya menjadi malapetaka yang mengakibatkab gejala-gejala alm seperti efek rumah kava, dll.
Nama : Sisca Taharina
Kelas : XI IA.1

Anonim mengatakan...

global warming adalah menaikan suhu di permukaan bumi, penyewbab kenaikan suhu tersebut ialah karena adanya gas rumah kaca yang di emisikan ke udara seperti CO2,S2O,gas hydrocarbon dan sulfur. pemanasan global terasebut mengakibatkan banyak hal seperti :
es - es yang ada di kutub utara dan selatan. namun sayang sekali fakta yang begitu banyak masih mendapat perhatian yang minim dari bebagai pihak.
Nama :MIA KAMILA
Kelas :XI-IA-1

Unknown mengatakan...

Menurut saya,Global Warming terjadi akibat perbuatan manusia seperti banyak orang yang menebang pohon-pohon dihutan sehingga gunung menjadi gundul.Pengguaan alat teknologi yang seringmenimbulkan gas,sehingga suhu dibumi meningkat.Itu semua menimbulkan dampak negatif bagi kehidupanmakhluk hidup terutama manusia.Oleh karena itu,kita harus menjaga bumi kita dengan cara penghijauan di gunung-gunung gundul dan lingkungan sekitar dan juga mengurangi penggunaan alat teknologi yang dapat menimbulkan peningkatan suhu bumi yaitu global warming,agar masalah global warming tidak semakin mengkhawtirkan.

Nama : Ramdani
Kelas : XI.IA.1

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb.
Menurut pendapat saya tentang global warming yaitu pemanasan suhu yang secara menyeluruh diakibatkan banyaknya gas co dan co2 ke atmosfer yang menyebabkan lapisan ozon semakin menipis akibatnya cahaya matahari yang masuk ke bumi tidak terhalang oleh lapisan ozon,contohnya yaitu akibat dari banyaknya polusi yang diakibatkan oleh pabrik kendaraan bermotor kalori biarkan dapat mengancam kehidupan di muka bumi ini maka dari itu pihak-pihak yang berkepentingan harus cepat menanggulanginya.
oleh karena itu,sebenarnya untuk mengatasi global warming itu sendiri harus kambali pada diri kita sendiri yang harus berusaha menghindari hal-hal yang akan mengakibatkan lebih lanjutnya aksi global warming,jadi mulai dari sekarang marilah kita menjaga bumi ini dengan baik.

fitri Apriyanti
XI-IA-1
Wassalamualaikum wr.wb.

Unknown mengatakan...

menurut pendapat saya global warming adalah meningkatanya suhu bumi secara global yang disertai dan suhu yang memanas dari suhu rata-rata. golbal warming terjadi kerena ulah manusia yang selalu mementingkan dirinya sendiri. bukan karena gejala alam, manusia hanay bisa berbuat semena-mena, dan peneyebab terjadinya global warming karena banyaknya gasCFC berlebihan,diakibatkan oleh asap-asp pabrik, Hairsparay, dan efek ruamah kaca, yang dapat mengakibatkan lapisan ozon berlubang dan akibatnya bumi menjadi panas, penyakit mata dan kanker kulit.untuk itu kota harus menjaga bumi ini agar selamat,
Nama : Siti hamidah
kelas: XI.IA.I
TTL : 25-05-1992

Unknown mengatakan...

Global Warming,itulah yang banyak di bicarakan oleh orang banyak.tetapi banyak orang yang tidak menyadari,padahal mereka sendiri yang mengakibatkan global warming itu terjadi.manusia melakukan penebangan pohon-pohon di hutan secara liar,sehingga gunung-gunung di hutan menjadi gundul dan penggunaan alat teknologi yang tidak ramah lingkungan.hal itu terjadi mengakibatkan lapisan ozon menipis sehingga suhu bumi menjadi naik.
Oleh karena itu kita harus menjaga bumi kita dengan cara penghijauan di gunung-gunung yang gundul dan lingkungan sekitar.dan juga mengurangi penggunaan alat teknologi yang dapat menimbulkan peningkatan suhu bumi,agar masalah "GLOBAL WARMING" tidak semakin menghawatirkan.

Nama : Gilang Ramadhan
Kelas : XI-IA-1

Unknown mengatakan...

Global warming disebabkan akibat ulah manusia sendiri, yaitu: Polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan (Mobil, Motor),Penebangan Hutan secara liar, Efek Rumah Kaca, dll. Kita tidak dapat mengatasi masalah global warming ini, tetapi kita dapat sedikit menguranginya dengan cara: Mengurangi pemakaian kendaran bermotor, melakukan penghijauan(Reboisasi).

Nama: Desvia Rifriani yusup
Kelas: XI-IA2

Anonim mengatakan...

Global warming atau pemanasan global merupakan permasalahan di dunia yg di rasakan oleh semua negara di dunia,baik negara miskin,negara yg sedang berkembang,maupun di negara-negara maju. Pemanasan global terjadi karena adanya kenaikan suhu di permukaan laut yg dapat menyebabkan terjadinya bencana alam bagi bumi. Akibat yg di timbulkan oleh pemanasan global ada 2,yaitu terjadinya perubahan iklim global dan naik nya permukaan laut.gas CO2 dan metana pun menjadi penyebab terhadap pemanasan global terhadap kerusakan pada iklim di bumi. Menyadari akan penting nya hal tersebut,kita perlu menjaga SDA yg ada dan melestarikannya dengan baik agar sedikit mengurangi dampak negatif pada pemanasan global. Maka dari itu,di perlukan kesadaran dari dalam diri kita agar kita dapat melestarikan kembali bumi kita yg sebentar lagi mungkin akan punah. Contoh kecil yg dapat kita lakukan yaitu penghijauan,kita dapat melakukannya di sekitar rumah kita dahulu,setelah itu kita dapat menjaga lingkungan sekitar kita.. Mungkin hanya itu saja sedikit dari komentar kita,mudah-mudahan ada manfaat nya. Terima kasih


Nama : Rachma S Fuziyanti
Kelas : XI IA 2

Unknown mengatakan...

Global warming yaitu suatu gejala pemanasan global atau meningkatnya suhu di permukaan bumi.Tak ada yang tahu apa penyebab pertamanya timbul global warming,namun prediksi dari sejumlah ilmuan mengatakan berbagai macam penyebab diantaranya;barang-barang elektronik yang dapat menimbulkan gas CFC,mengapa?karena gas CFC dapat merusak lapisan ozon sehingga mulai menipis.Nah,dari menipisnya lapisan ozon ini, bahaya yang ditimbulkan sangat merugikan manusia seperti kanker mata.Oleh sebab itu sebagai manusia kita harus mencoba berusaha untuk menjaga bumi kita tinggal..

Nama:Rani
Kelas:X1-IA-2

Unknown mengatakan...

Semua orang telah mengetahui apa arti dari global warming.
Maka menurut saya,hal yang harus kita lakukan sekarang adalah mengurangi dampaknya denagan cara mengurangi pemakaian kendaraan bermotor,alat-alat elektronik dan penebangan pohon secara liar,karena hal tersebut dapat membuat lapisan ozon semakin menipis dan membuat bumi kita semakin panas.
Terimakasih.

Nama :Adelya Purnama
Kelas :XI-IA-2

Ade Rusliana On Line mengatakan...

Ok, komentarnya bagus bagusm yang penting kita sumua sekarang sadar bahwa kita harus ikut bertanggung jawab terhadap global warming.
Silahkan berkomentar lagi dan tidak usah menjelaskna arti global warming karena sudah cukup jelas.
Silahkan berkomentar pada tanggapan teman teman semuanya.
AdR.

Unknown mengatakan...

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Global warming atau pemanasan global adalah peristiwa naiknya suhu atau temperature rata-rata permukaan bumi. Global warming terjadi akibat ulah manusia sendiri yang tidak peduli terhadap lingkungan dengan pemakaina barang-barang elektronik yang berlebihan yang mengandung bahan kimia CFC yang dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon (O3) sebagai efek rumah kaca diantaranya uap air, karbon dll. Sehingga akan terjadi radiasi matahari secara langsung yang dapat mengakibatkan es di kutub utara dan selatan mencair sehingga permukaan air laut naik dampak dari global warming sendiri, diantaranya :
• Dapat menyebabkan penyakit kanker, katarak mata pada manusia.
• Tanaman kerdil
• Berkurangnya keanekaragaman hayati
• Keadaan bumi yang suhunya panas akibat radiasi secara langsung dari sinar matahari.
Global warming dapat di cegah dengan upaya-upaya berikut :
• Menanam tumbuhan yang bisa bermanfaat sebagai penghasil oksigen (O2)
• Mengurangi pemakaian barang elektronik yang menghasilkan gas CFC.
• Penanaman seribu pohon harus terus digalakan.
Dengan adanya peristiwa global ini, seharusnya manusia lebih memperdulikan keadaan lingkungan dan segala yang dilakukan harus memperhatikan akibat atau dampak yang akan terjadi.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama : Ema Handayani
Kelas : XI IPA 1

Unknown mengatakan...

fisicasic.blogspot.com
www.bluefame.com/index.php
www.indowebster.com

Unknown mengatakan...

fisicasic.blogspot.com
www.bluefame.com/index.php
www.indowebster.com

Anonim mengatakan...

The first appearance of this Starter Kit is the latest plunge in a series of likewise offers a phone number of programs and enquiry studies. [url=http://www.toptene-cigs.co.uk]e cigarettes[/url] e cigarette triad Democrat Senators, who vehemently match tobacco plant impairment diminution, sent a as if they cherished a monopoly. http://www.ecigswow.co.uk

Anonim mengatakan...

You do not get any points for guessing when you have to stand back the two, there is a large clue inside identify [url=http://www.pdtji.co.uk/]mikes cash loans[/url] cash loans The money loan companies like financial institutions and personal instructions usually accept your finance applications http://www.nywgi.co.uk/

Anonim mengatakan...

Other sorts of fraudulent personal loans may include getting a loan having a false personality, forging mortgage documentation, or maybe posing as a new economic group in order to create a down payment while on an alleged loan, and disappearing after getting the cash [url=http://www.ssrpaydayloansuk.co.uk/]payday loans uk[/url] payday loan uk Accordingly, X desires to buy a automobile from the dealership and fund the financial transaction through a standard bank http://www.ssrpaydayloansuk.co.uk/

Anonim mengatakan...

A few of the obvious issues that a mortgage lender should respect are level of privacy,small needs, fast money distribution maximum Sixty minutes, no paperwork, no credit rating and a confirmed loan approximately $1500 [url=http://www.xyzdh.co.uk/]loans for bad credit[/url] bad credit loans uk Noah Fleming is a successful businessman and online online marketer http://www.kjpbadcreditloans.co.uk/